Skip to main content

Flobamora Surga Tersembunyi: Memoles Diri Sambut Wisatawan

Kupang – Harapan baru selalu datang setiap kali tahun berganti. Begitu juga yang dinantikan dunia pariwisata menjelang Sail Komodo 2013 yang merupakan momentum daya tarik dan daya dorong bagi industri pariwisata NTT bergerak maju dalam bidang jasa service. Citra industri pariwisata ini selalu unik pada masing-masing wilayah kunjungan. Tahun 2013 merupakan “Tahun pariwisata NTT” dan menjadikan semua pihak berbenah diri bersama Pemerintah Provinsi NTT dan masyarakatnya yang berkeinginan kuat untuk mencitrakan diri sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang dijuluki sebagai “Surga yang tersembunyi” setelah Bali.
Perjuangan ke arah itu telah lama digagas serta diaktualisasikan lewat berbagai proses pembangunan fisik, upgrading sumber daya manusia dan potensi wisata serta berbagai promo yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan agar Flobamora menjadi eksotis untuk didatangi wisatawan. Realita yang terbangun tetap pada pola dan unicum symbolicum “FLOBAMORA adalah FLOBAMORA bukan Bali.” Alam NTT yang pada umumnya gersang, tetapi merangsang adalah keindahan yang menantang. Komodo, danau tiga warna, Tenunan, budaya maupun masyarakatnya adalah daya pikat tersendiri yang hanya akan ditemui pada saat wisatawan mendatangi serta meng’explore’ Flobamora.
Partisipasi semua pihak yang berempati menjadi kiat dan semangat baru yang harus dibangun dalam rangka memoles diri untuk menyambut wisatawan. Pemerintah Provinsi NTT yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten/Pemerintah Kota Kupang, rakyat, para pengusaha serta para travel agency yang turut memberikan satu langkah kecil dalam membuka memori dan harapan bersama untuk mempercantik Flobamora menyongsong para tamu peserta Sail Komodo 2013 yang akan berkunjung ke NTT.
Pemerintah Provinsi NTT merasa terhormat dan sudah selayaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan dari semua pihak yang telah membantu dan memberikan simpatinya dalam mempersiapkan Sail Komodo 2013. Kita percaya bahwa atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa serta pergulatan pemikiran kita bersama selalu menjadi semangat dan harapan baru setelah Komodo menjadi tujuh keajaiban dunia tentu harus selalu mencari dan memberikan yang terbaik dalam langkah-langkah perjuangan membangun Flobamora ke depan menjadi daerah tujuan wisata alternatif setelah Bali yang merupakan satu kuntum bunga yang mempercantik diri dalam taman bunga Indonesia.
Agar kesejahteraan masyarakat meningkat, maka ekonomi daerah harus tumbuh dan pertumbuhannya dinikmati msayarakat banyak. Harus ada keseimbangan antara pertumbuhan dan pemerataan. Tranformasi ekonomi NTT perlu disadari dan diawali dengan transformasi sektor pariwisata, dari usaha ekonomi yang berbasis sumber daya ke usaha yang berbasis pengetahuan agar perubahan yang terjadi dapat menciptakan struktur ekonomi yang kokoh.
Transformasi sektor pariwisata perlu disusun melalui perubahan atas komponen-komponen konstituen, substansi, dan proses pembangunan sektor pariwisata. Konstituen terdiri atas penentu kebijakan, pelaku usaha dan konsumen hasil usaha. Sedangkan substansi bisa meliputi kebijakan, program, cakupan komoditas, dan jenis-jenis usaha yang dikembangkan. Adapun proses itu meliputi berbagai upaya sadar yang bersinergi dari semua pihak secara bertanggung jawab untuk berkontribusi melaksanakan pembangunan industri pariwisata yang berbasis di desa-desa wisata yang ada di setiap kabupaten/kota di Provinsi NTT.

Usaha yang dirintis oleh para pengusaha di sektor pariwisata yang telah berkiprah selama ini banyak tanpa intervensi dan investasi serta fasilitasi yang berarti dari pemerintah telah menyadarkan berbagai pihak, baik pengambil kebijakan maupun para pelaku usaha lain, bahwa ada peluang investasi yang belum banyak terjamah dengan prospek keuntungan yang sangat menjanjikan.
Didasari bahwa banyak investor yang akan masuk dan memberikan kontribusi dalam usaha mengembangkan sektor pariwisata, ada juga investor yang hanya menjanjikan berupa niat baik untuk beriventasi tanpa ada realisasi, sehingga ini semua merupakan pengalaman berharga yang dapat kita jadikan sebagai proses pembelajaran yang sangat berharga untuk menciptakan regulasi baru yang dapat “mengikat para investor dengan uang jaminan dalam menanamkan modal di sektor pariwisata.” Mengenai pendekatan manajemen pembangunan industri pariwisata yang lebih mengedepankan peran masyarakat, seperti yang dikehendaki dalam agenda reformasi pemerintahan.
Momentum Sail Komodo 2013 adalah proses transformasi konstituen sektor pariwisata yang sangat penting setelah pelaksanaan Sail Komodo 2013 dengan membuka jaringan bisnis pariwisata yang “saling menghidupi” , sehingga desa-desa wisata dapat berperan aktif secara bersinergi dan saling menguntungkan dalam pembangunan industri pariwisata.

Karena karakternya yang unik dunia dalam usaha pariwisata yang menuntut selera artistik dan estetika para pelaku usahanya, disamping kapasitas kepiawaian teknis dan manajerial. Mereka harus lebih kireatif, proaktif, dan koperatif dalam membangun jaringan dengan travel-agency sebagai ujung tombak maju mundurnya pembangunan sektor pariwisata. Karakteristik seperti ini menjadi modal yang sangat berharga untuk membangun usaha sektor pariwisata yang memberikan ”dampak sebar berkat” bagi rakyat NTT.

Comments

Popular posts from this blog

Nomor Telpon Penting Di Kupang

Nomor Telpon Penting Informasi Layanan Umum   PT SKTM Tour & Traver                              (0380) 833990     Posko Tagana                                                (0380) 8030159     Pemadam Kebakaran                                    113     Polisi                                                             110                   Ambulans                                                      118     Kantor SAR Kupang                                     881111     Penerangan Lokal                                         108     Penerangan Inter Lokal                                 106     RSU Kupang (W. Z. Yohanes)                     (0380) 821356     Markas PMI NTT                                         (0380) 821705, 828360     Pengaduan Gangguan PDAM                        (0380) 821015     Info Rekening PLN                                      (0380) 822020     Pelayanan Gangguan PLN                            (0380) 821464, 123     Informasi

Topi Khas Rote: TI’I LANGGA

TI’I LANGGA, SOMBRERONYA ORANG ROTE ( keunikan dan filosofinya ) Sombrero, identik dengan Meksiko dan dunia mengakuinya. Topi kebanggaan Negara yang penduduknya masih memiliki darah Indian ini sangat terkenal dan hampir dijumpai diberbagai even yang diikuti warga negaranya. Saat ini, mata dunia mulai tertuju ke Pulau Rote karena keindahan eksotik alamnya. Pulau paling selatan Indonesia ini memiliki banyak ciri khas budaya dan keindahan alamnya, mulai dari Sasando, Ombak Pantai Bo’a Nembrala yang sudah ‘mendunia’ bagi peselancar, aneka tarian tradisional, kain dan busana tradisional, aneka kerajinan tangan, pulau-pulau kecil yang eksotik, peninggalan-peninggalan sejarah yang sayang untuk dilewatkan dan masih banyak yang akan kita jumpai di  Nusa fua funi  itu. Nusa Lote Nusa Malole (Pulau Rote, pulau yang baik-red)  sering diplesetkan sebagai ROhnya TEknologi. Orang Rote memang sangat terkenal dan memiliki kemampuan menciptakan berbagai macam teknologi. Senjata api misalnya,

Ragam Budaya Daerah: Tarian khas Rote

Tarian Te’orenda Tarian Te’orenda adalah tarian yang merupakan tari hiburan ketika para petani melepas lelah di senja hari setelah bekerja di sawah, ladang, atau pula digunakan untuk memberikan hiburan bagi pembesar yang berkunjung ke daerah Rote Ndao sebagai wujud mereka menerima tamu dengan senang hati.  Tari Kaka Musuh Tari Kaka Musuh/tari perang merupakan tari tradisional daerah Rote. Tarian ini menggambarkan kesiapan prajurit dalam menghadapi musuh. Selain itu, Kaka Musuh juga dipakai sebagai tari pengiring pasukan ke medan perang. Manfaat sekarang biasa dipakai untuk menyambut pembesar yang berkunjung ke daerah Rote, dan juga dipakai pada acara-acara adat lainnya seperti upacara kematian, pesta perkawinan, serta rumah baru dan acara-acara adat lainnya. Tarian Kaka Musuh sangat populer di Rote Ndao, diciptakan oleh seorang panglima tradisional dari Kerajaan Thie bernama Nalle Sanggu + pada abad 17 yang silam oleh karena di masa itu Kerajaan Thie menghadapi perang dari beber