Skip to main content

Alat Musik Khas Rote: Sasando

Sasando
adalah alat musik khas dari pulau Rote yang sangat terkenal dan sudah go internasional, sasando yang di buat dari daun lontar,bambu dan tali senar. Setiap petikan sasando menghasilkan bunyi dan melodi yang sangat indah untuk di dengar.

Sasando dimainkan dengan cara dipetik. Pulau Rote atau Nusa Tenggara Timur adalah tempat dimana asal dari instrumen musik ini, kata Sasando juga diambil dari bahasa Rote yakni dari kata “sasandu” yang memiliki arti alat yang dapat dibunyikan atau bisa bergetar.  Sebagai peninggalan budaya masa lalu sasando merupakan alat musik tradisional yang memiliki nilai tinggi.   Di Indonesia instrumen musik ini tidak begitu populer karena masih banyak yang belum faham tentang sasando, berbeda dengan Eropa dan Australia, dinegara tersebut banyak penikmat musik yang menggemari alat musik tradisional Indonesia ini.


Bentuk alat musik sasando yang unik

ALAT MUSIK SASANDO WARISAN BUDAYA PULAU ROTEAlat Musik tradisional sasando ini terbuat dari bahan baku daun pohon lontar yang dibentuk melengkung sampai menjadi seperti setengah bundaran.  Wadah yang berbentu seperti bundaran dari daun pohon lontar ini berfungsi sebagai resonansi.  Kedua ujungnya daun pohon lontar tadi diikatkan pada potongan bambu sehingga bambu tersebut terlihat seperti garis tengah diantara bundaran dari daun lontar tersebut, dibagian tengahnya diberikan ganjalan untuk meletakkan senar/dawai.  Setiap ganjalan akan menghasilkan nada yang berbeda ketika senar dipetik.
Secara keseluruhan bentuk  alat musik petik sasando ini hampir sama dengan alat musik petik lainnya seperti gitar, biola dan lainnya, namun sasando memiliki ciri khas tersendiri.   Salah satu yang membuat sasando unik adalah bunyi sasando yang apabila dibandingkan dengan alat musik petik lainnya sasando memiliki bunyi yang lebih bervariasi.  Hal tersebut dikarenakan sasando terdiri dari 28 senar bahkan ada juga yang memiliki 56 dan 84 senar.
Di pulau rote sendiri pohon lontar menjadi salah satu sumber penghidupan masyarakat hal ini dikarenakan pohon lontar memiliki banyak manfaat seperti bisa digunakan untuk membuat tuak, gula, pembungkus rokok, tikar, atap rumah dan bisa juga digunakan untuk sebagai bahan bangunan.

Asal Muasal Alat Musik Sasando

Menurut legenda yang beredar di masyarakat rote banyak sekali versi tentang asal-usul sasando.  Konon katanya, pada saat itu ada pemuda yang mempunyai nama Sangguana terdampar disebuah pulau Ndana ketika ia sedang pergi untuk mencari ikan dilaut.  Kemudian ia dibawa keistana untuk menghadap raja.  Pada saat ia berada diistana tidak menunggu lama maka banyak yang mengetahui ternyata Sangguana memiliki bakat seni yang tinggi, dan tanpa diduga sang putri pun tidak dapat memungkiri kalau ia sudah terpikat oleh pemuda itu.  Kemudian ia meminta kepada Sangguana agar bisa membuat alat musik yang belum pernah ada.
Lalu pada suatu malam, pemuda itu bermimpi ia sedang memainkan alat musik yang begitu merdu suaranya.  Dari mimpi itu Sangguana kemudian terinspirasi untuk membuat alat musik yang kemudian diberi nama sandu.  Ketika ia sedang memainkannya Sang Putri kemudian bertanya lagu apakah yang barusa dimainkan lalu Sangguana berucap “Sari Sandu”.  Dan instrumen musik itupun diberikan kepada Sang Putri lalu ia memberikan nama kepada instrumen tersebut “Depo Hitu” yang berarti  “7 dawai bergetar sekali petik“.
Begitu merdunya bunyi yang dapat dihasilkan oleh sasando sehingga bisa mengekspresikan beranekaragam emosi.  Ia dapat sebagai penghibur saat sedang berdua dan juga dapat menambah suasana bahagia dikala bersuka cita.  Pada saat ini di Pulau Rote instrumen musik sasando dapat dikatakan sebagai alat musik terindah.
Dengan semakin maju zaman sasando juga mulai mengikuti zamannya yang dulunya hanya memnggunakan bahan tradisional kini sasando juga sudah tersedia dalam bentuk sansado linstrik atau elektrik.
Sasando memang memiliki nilai seni yang tinggi, begitu pula untuk bisa memainkannya tidak bisa dibilang mudah hal ini dikarenakan pemain sasando juga harus memiliki feeling terhadap nada dari senar-senar yang ada.

Comments

Popular posts from this blog

Nomor Telpon Penting Di Kupang

Nomor Telpon Penting Informasi Layanan Umum   PT SKTM Tour & Traver                              (0380) 833990     Posko Tagana                                                (0380) 8030159     Pemadam Kebakaran                                    113     Polisi                                                             110                   Ambulans                                                      118     Kantor SAR Kupang                                     881111     Penerangan Lokal                                         108     Penerangan Inter Lokal                                 106     RSU Kupang (W. Z. Yohanes)                     (0380) 821356     Markas PMI NTT                                         (0380) 821705, 828360     Pengaduan Gangguan PDAM                        (0380) 821015     Info Rekening PLN                                      (0380) 822020     Pelayanan Gangguan PLN                            (0380) 821464, 123     Informasi

Topi Khas Rote: TI’I LANGGA

TI’I LANGGA, SOMBRERONYA ORANG ROTE ( keunikan dan filosofinya ) Sombrero, identik dengan Meksiko dan dunia mengakuinya. Topi kebanggaan Negara yang penduduknya masih memiliki darah Indian ini sangat terkenal dan hampir dijumpai diberbagai even yang diikuti warga negaranya. Saat ini, mata dunia mulai tertuju ke Pulau Rote karena keindahan eksotik alamnya. Pulau paling selatan Indonesia ini memiliki banyak ciri khas budaya dan keindahan alamnya, mulai dari Sasando, Ombak Pantai Bo’a Nembrala yang sudah ‘mendunia’ bagi peselancar, aneka tarian tradisional, kain dan busana tradisional, aneka kerajinan tangan, pulau-pulau kecil yang eksotik, peninggalan-peninggalan sejarah yang sayang untuk dilewatkan dan masih banyak yang akan kita jumpai di  Nusa fua funi  itu. Nusa Lote Nusa Malole (Pulau Rote, pulau yang baik-red)  sering diplesetkan sebagai ROhnya TEknologi. Orang Rote memang sangat terkenal dan memiliki kemampuan menciptakan berbagai macam teknologi. Senjata api misalnya,

Ragam Budaya Daerah: Tarian khas Rote

Tarian Te’orenda Tarian Te’orenda adalah tarian yang merupakan tari hiburan ketika para petani melepas lelah di senja hari setelah bekerja di sawah, ladang, atau pula digunakan untuk memberikan hiburan bagi pembesar yang berkunjung ke daerah Rote Ndao sebagai wujud mereka menerima tamu dengan senang hati.  Tari Kaka Musuh Tari Kaka Musuh/tari perang merupakan tari tradisional daerah Rote. Tarian ini menggambarkan kesiapan prajurit dalam menghadapi musuh. Selain itu, Kaka Musuh juga dipakai sebagai tari pengiring pasukan ke medan perang. Manfaat sekarang biasa dipakai untuk menyambut pembesar yang berkunjung ke daerah Rote, dan juga dipakai pada acara-acara adat lainnya seperti upacara kematian, pesta perkawinan, serta rumah baru dan acara-acara adat lainnya. Tarian Kaka Musuh sangat populer di Rote Ndao, diciptakan oleh seorang panglima tradisional dari Kerajaan Thie bernama Nalle Sanggu + pada abad 17 yang silam oleh karena di masa itu Kerajaan Thie menghadapi perang dari beber